Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Waspada Sakit Perut Pada Anak Dan Penanganannya

Waspada Sakit Perut Pada Anak Dan Penanganannya

Ditulis pada : March 4th, 2013 | 0 Kommentar ↓
0 Flares Filament.io 0 Flares ×

Sakit Perut Pada AnakSakit Perut Pada Anak Dan PenanganannyaSakit Perut pada Anak mungkin merupakanan hal yang wajar dan kerap tejadi. Akan tetapi Anda patut waspada terhadap apa yang menjadi penyebab sakit perut anak Anda. Sakit perut pada anak biasanya disebabkan oleh hal kecil seperti kecemasan, namun bisa jadi karena hal yang serius seperti Gastroesophageal Reflux Disease yang mana diperlukan dokter untuk mengatasinya. Selain itu, Anda perlu waspada terhadap 5 jenis sakit perut yang kerap dialami oleh anak. Yaitu:

1. Sembelit

Sembelit mengakibatkan gangguan pencernaan berupa susah buang air besar. Tinja yang menumpuk dalam usus besar akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri pada perut. Bayi usia 6 bulan belum mempunyai tinja yang padat, berilah ia ASI, sedangkan untuk anak atau balita usia 6 bulan ke atas, berikanlah ia konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Bisa juga jus apel, anggur, pir, atau pepaya yang atau buah lain yang mengandung banyak air. Jika setelah 2 hari tidak ada perubahan yang signifikan, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter, biasanya dokter akan merekomendasikan pelunak tinja untuk balita. Atau bisa juga dengan serat psylium, namun jika cara tersebut masih belum berhasil, segera bawa Anak Anda ke dokter, biasanya dokter akan memberikan obat pencahar semacam susu magnesium atau miralax. Namun jangan gunakan obat tersebut tanpa resep dokter.

2. Alergi makanan

Kalau anak Anda sering mengalami kram, sering buang gas, perut kembung dan diare setelah 2 jam dari makan makanan tertentu, boleh jadi, anak Anda alergi terhadap makanan tertentu yang menyebabkan pencernaanya tida mampu mencerna makanan tertentu. Konsumsi susu formula juga dapat menimbulkan sakit perut pada sebagian bayi. Ini dikarenakan intoleransi laktosa, yakni kesulitan mencerna gula dalam susu. Alergi terhadap makanan bisa juga ditandai dengan ruam, sesak nafas, atau gatal-gatal. Anak-anak seringkali alergi terhadap ikan, telur, kacang-kacangan, produk kedelai, dan beberapa makanan lain.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kondisi ini menimbulkan sebagian dari isi perut akan naik kembali ke kerongkongan dan bahkan mulut. Biasanya, dikarenakan katup diantara kerongkongan dengan perut yang membuka dan menutup pada waktu yang tidak tepat. Sehingga akan menimbulkan muntah, yang disebut ‘gumoh’ pada bayi atau refluks asam nama medisnya. Jika anak anda mengalami gejala tersebut, periksakan ke dokter

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Jika anak Anda mengalami sakit perut, kembung, diare, sembelij dan mengalami perubahan pada feses secara bergantian, mungkin hal itu sebab IBS. Untuk mendiagnosa IBS pada balita, sulit dilakukan karena anak masih belum bisa menggambarkan apa yang ia rasakan dengan perutnya secara jelas. Penyebab pasti dari sindrom ini pun belum jelas, namun kemungkinan ada kerentanan genetik pada pemicu sakit, stres dan terganggunya rutinitas, serta konsumsi makanan tertentu. Untuk menghindari IBS, sebaiknya Anda kurangi porsi makanan anak Anda terhadap makanan berlemak, minuman berkafein, coklat dan usahakan jam istirahat dan makan anak Anda bisa teratur.

5. Stress

Stres atau kecemasan pada anak ternyata juga dapat menjadi pemicu sakit perut. Ini dikarenakan saluran pencernaan banyak berisi serotonin tubuh, yakni sebuah neurotransmitter yang berkaitan dengan suasana hati, dan bisa mengirim sinyal ke otak. Jadi walaupun anak Anda terlalu kecil untuk mengalami stres, namun saat keluarga Anda ada masalah, hal itu dapat membebani pikiran anak. Anak juga rentan stres saat harus menyesuaikan diri di tempat baru seperti masuk play group, tempat penitipan anak, dan perubahan rutinitas lainnya.

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 0 Flares ×


Tulis Komentar di "Waspada Sakit Perut Pada Anak Dan Penanganannya"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!