Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Penyakit Hernia Gejala dan Cara Mengatasi Hernia

Penyakit Hernia Gejala dan Cara Mengatasi Hernia

Ditulis pada : August 14th, 2012 | 1 Kommentar ↓
197 Flares Filament.io 197 Flares ×

hernia, penyakit hernia, gejala hernia, mengatasi herniaHernia atau yang di masyarakat dikenal dengan nama “turun berok” adalah keadaan turunnya rongga perut pada laki-laki. Keadaan ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Bagian rongga perut laki-laki sendiri terdiri dari usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum). Hernia menyebabkan bagian tersebut lemah dan usus bisa keluar dari tempat seharusnya, yaitu bisa ke batas antara perut dan dada (diafragma), lipatan paha, atau bagian pusar. Awalnya penderita hernia tidak merasakan sakit atau nyeri, tapi jika isi rongga perut ada yang terjepit cincin hernia, maka si penderita bisa merasakan nyeri yang hebat dan infeksi perut. Infeksi ini bisa meracuni perut dan seluruh tubuh.

Penyakit hernia tidak hanya terjadi pada laki-laki dewasa, tapi juga bayi dan anak laki-laki. Hernia pada bayi dan anak-anak bisa disebabkan oleh faktor kelainan atau bawaan. Sedangkan pada pria dewasa, hernia disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, antara lain batuk kronik, pembesaran prostat, sering susah buang air besar, dan kerap membawa beban berat. Hernia juga bisa diperparah karena pertambahan umur dan tidak ditangani dengan baik. Hernia tidak harus disembuhkan dengan operasi. Dengan mengenali gejalanya sejak dini, kita bisa melakukan langkah penyembuhan yang lebih mudah.

Gejala awal penyakit hernia yang bisa terlihat adalah munculnya benjolan di lipatan paha. Benjolan ini mungkin akan terasa hilang saat penderita berbaring, karena itu banyak masyarakat awam yang membiarkan hernia. Benjolan akan terasa kembali saat si penderita buang air. Jika merasakan benjolan tidak wajar pada lipatan paha Anda, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Penting juga memeriksa lipatan paha dan pusar bayi Anda. Gejala hernia pada bayi umumnya akan diketahui dari munculnya benjolan di bagian tersebut. Hernia pada bayi bisa menyebabkan si bayi mengalami susah makan, sering muntah, rewel, dan sulit buang air besar. Sedangkan hernia pada orang dewasa juga bisa menyebabkan mual, muntah, susah makan, dan demam.

Setelah memeriksa dan mengetahui gejala hernia, tahap selanjutnya adalah mencari cara mengatasi hernia tersebut. Hernia yang sudah akut umumnya membutuhkan tindakan operasi. Sedangkan hernia yang masih belum terlalu parah, bisa diatasi dengan menggunakan korset atau penyangga. Alat ini bisa mengembalikan isi rongga perut ketempatnya semula. Untuk mendukung kesembuhannya, penderita hernia juga bisa melakukan pengobatan alternatif dengan jamu tradisional. Jamu ini terdiri dari campuran satu butir telur ayam, tiga sendok makan madu, dan tiga sendok makan minyak samin, dan air putih secukupnya. Untuk membuat jamu penyembuh hernia ini, campurkan semua bahan tersebut, lalu diaduk dan dibiarkan semalaman. Minum jamu tersebut saat pagi hari hingga sembuh. Setelah sembuh, perbaikilah pola hidup Anda agar hernia tidak kambuh kembali.

197 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 197 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 197 Flares ×


1 Komentar pada "Penyakit Hernia Gejala dan Cara Mengatasi Hernia"

Tulis Komentar di "Penyakit Hernia Gejala dan Cara Mengatasi Hernia"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!