Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak

Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak

Ditulis pada : February 26th, 2013 | 4 Kommentar ↓
0 Flares Filament.io 0 Flares ×

Kesehatan OtakPengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak – Jatuh cinta memang memberikan rasa yang menyenangkan. Jika ada orang yang mengatakan cinta adalah candu, boleh itu memang benar. Karena menurut penelitian, orang yang sedang jatuh cinta, bermacam zat kimia yang memicu rasa senang dan bahagia di produksi di otak, namun saat putus cinta, otak tidak lagi memproduksi zat kimia itu dan mengakibatkan munculnya rasa cemas dan keputusasaan. Malahan ada yang bilang sama layaknya saat orang berhenti memakai narkoba atau alkohol. Hal ini sudah di teliti dalam penelitian yang memperlihatkan bagian otak yang terkait dengan kecanduaan akan aktif saat orang putus cinta. Hal ini menunjukkan Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak.

Pada sebuah penelitian yang memakai magnetic resonance imaging (MRI) untuk melihat aktifitas otak pada 15 orang pria dan wanita yang sedang putus cinta. Setelah para partisipan ditunjukkan foto dari pasangan mereka yang telah memutuskannya, peneliti mendapati area otak yang mengontrol motivasi dam reward, dan keinginan serta kecanduan dirangsang. Akan tetapi hal ini tak terjadi saat mereka ditunjukkan foto orang lain yang tidak mereka kenal. Layaknya efek domino, sistem reward vang tak puas akan berjalan menuju ke area di dekatnya, yakni prefrontal cortex yang mampu memunculkan perasaan frustasi serta kemarahan. Para partiripan tersebut juga mengaku bahwa mereka menghabiskan 85 persen lebih dari waktu mereka untuk memikirkan mantan mereka. Maka tidak heran, kalau setelah putus cinta orang akan semakin terobsesi terhadap mantannya.

Pada sebuah penelitian di tahun 2011 oleh neurologis dari Einstein College of Medicine ditemukan bahwa hanya dengan melihat foto mantan saja dapat berpengaruh terhadap daerah somatosensory cortex dan dorsal posterior insula yang dapat memicu timbulnya rasa tidak nyaman pada fisik. Tidak hanya itu, ketika otak sedih, otak juga memberikan sinyal untuk melepas hormon stres kortisol yang bisa berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Walaupun hati dan pikiran berhubungan erat, perlu penelitian yang lebih mendalam untuk menegaskan pernyataan ini. Agar bisa mengurangi rasa sakit hati karena putus cinta dan bisa semangat dan mencoba melupakannya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak yang berdampak tidak baik.

  1. Tidak apa-apa anda bersedih, namun jangan sampai berlarut-larut, tahap dari rasa bahagia karena cinta kemudian putus akan memicu rasa sakit secara emosional seperti kemarahan, penolakan, shock, stres dan depresi. Anda perlu untuk melampiaskan kesedihan anda, dengan menangis misalnya, namun jangan lebih dari 2 minggu Anda berkabung. Hal ini seperti yang disarankan oleh Regina Barreca dari University of Connecticut.
  2. Lihatlah sisi positifnya, ketimbang anda terus-terusan bersedih, cobalah untuk melakukan keinginan Anda yang mungkin tak bisa terlaksana sebelumnya ketika masih punya pacar. Anda akan lebih punya banyak waktu untuk bercengkrama bersama teman-teman dan keluarga Anda. Hal ini akan memberikan emosi yang positif, yang akan membuat anda merasa lebih bebas, merdeka, lega dan bahagia, seperti yang diungkapkan Gary Lewandowski, seorang psikolog dari Monmouth University.
  3. Lakukanlah aktifitas fisik, olahraga favorit Anda misalnya. Saat anda putus cinta, otak akan memproduksi kortisol, norepinefrin dan hormon stres lainnya yang mengakibatkan sakit kepala, otot tegang hingga masalah perut. Nah, dengan aktifitas fisik, akan memompa pelepasan endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati, melemaskan otot dan membuat tubuh terasa lebih baik. Selain konsumsi vitamin D, folat, asam lemak omega 3 akan meningkatkan kesehatan emosi dan mengurangi stres dan depresi akibat Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak.
0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 0 Flares ×


4 Komentar pada "Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak"

    • Hey, aku mau tanya nih selain gangguan itu mengakibatkan hormon-hormon lebih bekerja aktif gangguan yg di akibatkan oleh cinta dalam pesikolok itu apa sih ??
      Mungkin bisa kegilaan, setres, bergejolak hatinya. Atau bagaimana ??
      Makasih 🙂

    • Saya mau, selain gangguan otak apa ada gangguan lainnya yang disebabkan cinta

    • It’s a relief to find soomnee who can explain things so well

    • Este curso Profesional lo comienzo en el nmbore de JESUS, y se que va hacer el comienzo de algo grande que va a cambiar el rumbo de mi vida, familia y la de muchas personas que andan como abejas sin pastor. Bendiciones

Tulis Komentar di "Pengaruh Cinta Terhadap Kesehatan Otak"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!