Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Mengembangkan Kemampuan Otak Anak Dengan Musik

Mengembangkan Kemampuan Otak Anak Dengan Musik

Ditulis pada : February 25th, 2013 | 4 Kommentar ↓
0 Flares Filament.io 0 Flares ×

Mengembangkan Otak AnakMengembangkan Kemampuan Otak Anak Dengan Musik – Masa anak-anak adalah masa yang paling baik untuk mengembangkan kemampuan otak. Untuk mengembangkan Kemampuan Otak Anak pun ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah musik. Ya, musik dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya otak anak, dengan menuntunnya untuk belajar musik sebelum anak berumur 7 tahun. Seperti yang ditemukan dalam sebuah studi terbaru yang di tulis di Journal of Neuroscience, bahwa anak yang belajar musik pada usia dini cenderung mempunyai area putih di otak atau yang biasa disebut corpus callosum lebih banyak. Corpus callosum adalah area putih di otak yang terbentuk dari serat saraf. Corpus callosum mempunyai tugas untuk menjadi konektor diantara area motor antas sisi otak kanan dan otak kiri. “Penelitian di laboratorium memperlihatkan bahwa belajar musik sedari usia dini atau sebelum umur 7 tahun mempunyai keterampilan lebih tinggi pada perkembangan sinkronisasi auditori serta visual sensorimotor”, ujar seorang peneliti dari kanada.

Untuk penelitian itu, tim ahli pun menguji 33 pemusik terlatih dan membaginya menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama adalah pemusik yang sudah belajar musik sebelum berumur 7 tahun, sedangkan kelompok yang kedua adalah pemusik yang belajar musik setelah umus 7 tahun. Para peserta tes pun mengisi kuisioner yang lebih merinci tentang berapa tahun mereka belajar musik serta waktu yang mereka gunakan untuk belajar musik. Para peneliti lantas menguji kemampuan sinkronisashi pada kelompok yang pertama, dan didapatkan hasil yang akurat ketika melakukan percoaaan. Daerah pada otak mereka pun mengindikasikan adanya corpus collasum yang lebih luas.

“Belajar instrumen musik memang memerlukan koordioasi antara tangan dengan visul atau kemampuan auditori. Belajar musik sejak usia dini akan membantu peningkatan maturasi dari sambungan antara area otak motor dengan sensori” ujar salah seorang peneliti, Virginia Penhune. Belajar musik dini memang dapat mengembangkan Kemampuan Otak Anak, namun begitu, jangan anda kira, anak anda akan langsung cerdas, secerdas albert einstein. Kalau ia sudah belajar bermain piano sebelum dia lancar berjalan, yang perlu anda pahami adalah, pemusik yang telah belajar musik lebih dini itu mempunyai area otak tertentu yang lebih banyak dan mempunyai keterampilan yang lebih spesifik. Akan tetapi, bukan berarti mereka adalah pemusik yang lebih baik.

“Kemampuan bermusik tidak hanya semata mengenai keterampilan, akan tetapi juga komunikasi, gaya, antusiasme, dan faktor-faktor lain yang tidak kami ukur. Maka, walaupun belajar sejak dini membantu mempercepat perkembangan otak, bukan berarti mere akan menjadi jenius”, ujar Virginia lebih lanjut.

Walaupun begitu, belajar bermain musik dini, akan bermanfaat baik untuk mengembangkan Kemampuan Otak Anak. Selain itu, belajar musik pada anak juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan memberikan rasa rileks, dan bahkan bira menjadikan tidur anak anda nyenyak.

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 0 Flares ×


4 Komentar pada "Mengembangkan Kemampuan Otak Anak Dengan Musik"

    • I guess finding useful, reliable infotmarion on the internet isn’t hopeless after all.

    • Help, I’ve been informed and I can’t become igrnoant.

    • oh…that’s very kind of you,seesselberg….mp3 files would be great for me…you see i love the music!scans of pic sleeves or inertss would be great too…thank you….you can contact me through my e-mail…press the about me link at the right top of my page…you will see the mail theremany many thanks again

    • oh my g*d. a whole sunday have i spent sintorg through, reading, listening just as a beautiful spring day has finally come. what a treat it has been, and what a quest to reach this very first page, march 25th 07.

Tulis Komentar di "Mengembangkan Kemampuan Otak Anak Dengan Musik"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!