Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi, Sembelit, Cegukan, Kembung

Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi, Sembelit, Cegukan, Kembung

Ditulis pada : March 7th, 2013 | 48 Kommentar ↓
1 Flares Filament.io 1 Flares ×

bayiMengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi – Walaupun cuma gangguan pencernaan, namun akan cukup untuk membuat Anda panik jika terjadi pada bayi Anda. Tentu orang tua akan panik jika bayinya mengalami gangguan pencernaan. Namun sebenarnya Anda tidak perlu panik, karena Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Berikut adalah bebeberapa Gangguan pencernaan pada bayi yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kolik infantil

Tanda-tanda dari kolik infantil adalah bayi menangis dengan berlebihan serta mendadak dengan intensitas yang tinggi, dan terkadang disertai periode diam, hal ini biasanya terjadi di sore dan malam hari. Gejala gangguan pencernaan pada bayi ini dimana bayi merasakan sakit yang hebat dan akan menangis keras. Gangguan pencernaan ini juga disertai dengan muntah dan perut kembung. Penyebab dari kolik infantil sendiri bisa berbeda-beda. Diantaranya intoleransi laktosa, yakni ködisi dimana bayi tidak bisa menyerap laktosa susu. Sebaiknya, untuk menanganinya, Anda menggendong bayi Anda dan dekaplah ia sehingga merasa nyaman. Jika gejalanya tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda mengkonsultasikannya dengan dokter agar bisa mencari solusi penyembuhan yang paling tepat.

2.Sembelit (kostipasi)

Gangguan pencernaan pada bayi lainnya adalah sembelit. Sembelit adalah ketidakmampuan untuk mengevakuasi tinja dengan sempurna yang terlihat dari berkurangnya intensitas buang air besar, sehingga tinja menjadi keras dan nyeri dibandingkan sebelumnya. Sembelit pada bayi usia di bawah 2 tahun biasa dikarenakan kurangnya asupan air, buah, sayur, dan takaran susu yang berlebih. Untuk mengatasinya, berikanlah Ia minum air putih sebanyak 15 sampai 20 ml, 3 sampai 4 kali sehari, selain itu, berikan Ia konsumsi buah-buahan seperti pisang dan apel. Dan juga berilah dia susu dengan takaran yang sesuai.

3. Perut kembung

Gejala gangguan pencernaan pada bayi ini adalah gumoh, muntah, diare, sembelit hingga kolik infantil. Bayi yang perutnya kembung biasanya akan mudah muntah. Untuk menghindarinya Anda perlu mengetahui penyebc kembung pada bayi diantaranya adalah menelan udara atau saat minum susu botol dengan lubanng dot yang terlalu besar atau terdapat kebocoran. Untuk mengatasinya, usahakan agar bayi Anda bisa bersendawa atau mengolesi perutnya dengan minyak angin.

4. Cegukan

Cegukan atau disebut singultus merupakan kondisi berupa kontraksi yang tiba-tiba dan ta6mpa disengaja di dekat rongga dada atau diafragma. Sehiogga akan menimbulkan isapan udara secara mendadak yang masuk ke dalam paru melewati ruang diantara pita suara atau glottis, sehingga mengakibatkan timbulnya suara yang khas. Hal itu terjadi akibat adanya rangsangan pada diafragma, contohnya makan terlalu cepat, minum air terlampau dingin, atau makan makanan yang panas. Biasanya cegukan dapat hilang sendiri saat bayi tidur. Namun jika Anda ingin segera mengatasinya, berikah dia minum air hangat dan baringkan tubuhnya dengan lutut ditekuk atau Anda bisa memberikannya satu sendok makan gula pasir. Jika dalam satu jam cegukan bayi Anda belum hilang, Anda perlu mewaspadai, dan bila dirasa perlu, mintalah bantuan dokter. Kelainan yang bisa menyebckan cegukan, diantaranya gangguan saraf diafragma, radang paru-paru, kelainan di otak, tumor, penyakit ginjal atau gangguan keseimbangan elektrolit

Itulah beberapa gangguan pencernaan pada bayi dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

1 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 1 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 1 Flares ×


48 Komentar pada "Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi, Sembelit, Cegukan, Kembung"

    • dok anak saya umur 8blan sdah sya kasih makan dok tadinya saya ksih biskuit bayi kesininya mkanan byi apa aja doyan seperti promina,sun dngan varian rasa sya berikan tapi 2mnggu belakangan ini dia mnglami smbelit kalo mau bab psti nangis gmana ya ngatasinya

    • dok.anak saya cow1’5tahun minggu2 terakhir ni dy rewel karena perutnya kembung n besar btuk pilek n demam tggi..krna khawatir nta opname..stelah di usg radiologi ternyata kemb ng n bnyak udara dperutnya.gmna y dok cara mngatasinya nmgeluarkan udara dperutnya n pnyebabny ap….?makasih

      • Anak saya umur 4bln tp terus2n kembung pdhal udah do sendawakan stlah minum asi bahkan sampai di tengkurapkan tp trtep aja kembung..
        Gimana y dok..bingung bgt…
        Kasian lytnya…
        Makasih..

    • dok sya mau tanya,sya br lahir ank prtma,knpa klo abs minum asi prtnya suka kembung dn susah bab ya dok?

    • dok,saya mau tany,anak saya brumur 1bln,kenapa kalau tiap mlem pertny slalu kembng,apa penyebb ny dok,bagaimana cara mengatasny.trimxsh

      • Dok anak saya berumur 1 bln lewat seminggu sering mengalami perut kembung , cegukan, dan muntah. Buang air besarnya kadang2 2 hari sekali. Bagaimana cara mengatasinya ya dok?

        • Mau tanya dok,anak saya umur 3minggu tapi perutnya selalu kembung dan selalu cepirit dok…apakah itu normal dok di alami sMa bayi yang minum asiX dok?mohon solusinya

        • It just got in to New York Film Festival so let’s hope other festivals in Europe will sceern it as well!Usually a film tours 1-2 years through festivals, before it gets to TV stations.I’ll keep you posted!

    • Dok anak saya berumur 1 bln lewat seminggu sering mengalami perut kembung , cegukan, dan muntah. Buang air besarnya kadang2 2 hari sekali. Bagaimana cara mengatasinya ya dok?

    • Dok anak saya umur 1bln lewat seminggu sering mengalami perut kembung, cegukan , dan sering muntah. Buang air besernya 2 hari sekali. Bagaimana cara mengatasinya ya dok?

    • dok anak saya umurnya 6 bulan,stlh sya bri makan bab nya jd keras kenapa ya dok

      • This puzzles me as well, I got so sick of Taiwanese media’s doulbe standard. 緬甸’s situation is just as bad, if not worse. What makes lives in China more important than lives in 緬甸? I feel sad for the people who are suffering, and I feel furious towards the people who are still trying to take advantages over the situation.

    • dok, bayi saya berumur kurang 1 bulan perutnya kembung tak kunjung henti! apa yang harus saya lakukan

    • dok saya mau tanya, anak saya umuer ny 5 bln 20hr br seminggu ini sdh saya kasih bubur beras merah, saya kasih bubur ny krna udah 1 bln ini ank saya kurang nyusu nya trs skrg anak saya sering nangis muntah dan perut kembung ngk mau nyusuh dok, jd bagaimana dok?

    • Dok,saya mau tanya,anak saya berumur 3bln perut nya sering kembung Dan serving mengis pada sore Dan malam hair.APA yang harus says lakukan dok.?

    • Dok anak saya umur 1thn 7bln
      klo minum susu sering muntah terutama malam hari
      trus bab keras kecil kecil, maaf sprti kotoran kambing cuma sedikitpertumbuhan’y bdn kurus
      solusi’bgmn dok ?
      “Anak saya minum susu formula”

    • Dok, bayi saya berumur kurang lebih 2 bln. Sudah 2 minggu ini anak sy susah minum ASI dan klo sy baca di goegle bayi sy mengalami gangguan pencernaan krn gejala nya seperti Ɣªήğ di bicarakan di goegle. Ɣªήğ ♏ªϋ sy tanyakan gimana ya dok cara mengatasinya?

    • dok,anak saya umur 7bln udah 2hari gk BAB dan sebelumnya dia kembung mohon solusinya dok,,,

    • dok saya mau nanya anak saya baru berumur 5 hari
      perut anak saya kembung dan panasya naik turun telon uda di usap ke perutnya tapi kembungya dan panasnya belum juga turun turun
      gimana ya dok…?

    • Dok,anak sy 2 bulan.saya mau tanya knp klo minum susu selalu berhenti2 sprt
      Yg tersedak/susu blum msk tenggotokan.makasih

    • Dok, anak sy 11bln perutnya sering kembung,setelah sakit diare padahal sama dokterx susux sdh dganti free laktosa,buburx jg tdk da laktosa…makasih.

    • Anak sy usia 5 thn 10bln dr bayi sampai sekrg sering kembung.adiknya usia 7bln juga sering kembung.kalau kembung hanya dipakaikan bwg merah iris yg ndicampur baby oil atau ditempel daun jarak yg dilemaskan.knp ya dok?apa yg hrs sy lakukan untuk mencegahya?

    • anak saya usia 1 tahun, suka tidur nungging..n suka kentut…sepertinya masuk angin..dia juga susah sekali makan sekarang ini..kulit nya juga sering gatal2..itu kenapa ya dok?gima cara mengatasinya kembung nya n susah makan ini…trus dia juga suka sekali masukin benda2 asing ke mulut..mohon bantuannya dokk.trms

    • dok mau tny ank sy laki2 umur 2 bulan lebih, sudah seminggu ini susah BAK, dlm 24 jam hanya 1 kali, tp dia tdk rewel, ari2ny terasa keras, bgmana solusiny ya?

    • dok sya mau ty anak sy perempuan umur 2 bln krg 1 minggu perut kembung, bunyi2 dan setiap kentut selalu ada kotoran(tinja) itu knp ya dok dan tlg solusinya trimakasi

    • Dok,anak saya umur 2bln lebih 3minggu , berapa hari ini dia kembung tidak berhenti-henti selama beberapa hari ini. dia juga sering tiba-tiba menangia histeria dan tidak berhenti , dia juga sempat mengalamu sembelit dok , bagaimana cara mengatasinya ya dok ? apa karna susu formula yg saya berikan ?

    • siang dok,anak sy usia 2thn.slalu bermasalh pncernaan.BAB keras dn pernh kluar darah.hri in sakit masalah pada pencernaan lg.. doktr menyarankan untuk periksa dalam. ada cara pengobatan lain dok??,

    • Dok anak saya baru berumur 12 hari anak pertama dan peremouaperemouan.sehabis minum asi dari botol anak saya muntah dan sering cegukan,bab 1 hari bs 4-5 kali .trus di pipinya ada timbul bintik merah sprti jerawat .apakah ini normal dok? TKS

    • saya mau tanya dok,sekarang anak saya berusia 10 bulan ,kok dia sering batuk,pilek,dan sekarang menagalami kembung pada perutnya,saya selalu menitipkan dia dari jam 6 pagi sampai sore baru saya bawa pulang karena saya dan suami bekerja,oh ya bagaimana solusi untuk menghilangkan gembung anak saya,terimakasih sebelumnya

    • Dok anak saya awal nya batuk tak henti trus badan nya panas trus pilek, sudah berobat ke spesialis anak ke bidan tetep Aja ga ada hasil nya skarang malah prut nya kembung dan anak saya nangis terus ga berhenti hnti makan ga mau .

    • terima kasi atas infonya

    • Dok,bayiku umr 2 bln hmpir 2 mngguan sring BAB dan poopny cair gtu dtmbh prutny jg kembung,aq udh 2x malahan mnta obt sma bidan obt yg prtma ibu yg mnum obtny yg brobt ke2 sidedekny mnum tp blum ilng jg prut ddek ny jg sring dioles dgn mnyk tlon tp msih jg kmbung dan sring BAB dg poopny yg cair,jd ksian dan khawatir

    • dok saya mau tanya..anak sy umr 5 thn.saat ini masih minum susu formula.keluhannya saat ini sakit perut dan bab mencret apa penyebabnya.soalnya waktu beli susu yg baru dgn hrga promo kejadiannya sering sakit perut dan mencret

    • dok, anak saya umur 3 bulan dok, anak saya sekarang lg demam tinggi…bab nya juga cair dok,panas nya turun naik terus..perutnya juga kembung,sudah 2 kali saya bw ke bidan dok tp gak juga kunjung sembuh, dan kemaren saya bawa ke rumahsakit,,tp masih juga belum sembuh2.anak saya tidak asi dok, anak saya minum sufor.

    • Saya mau nanya anak saya sekarang sudah 3 bulan kurang 5 hari.. sejak usianya 2 bulanan mpe skrg tinjanya hijau lembek n bau bgt.. sering nangis g karuan.. dan seminggu ini kurang mau minum susu..dan 2 hr ini sering julurkan lidah g menentu. gimana atasinya??? Apa sakitnya ya??? Tlg ksh saran apa yg hrs saya lakukan?

    • 1Saya mau nanya anak saya sekarang sudah 3 bulan kurang 5 hari.. sejak usianya 2 bulanan mpe skrg tinjanya hijau lembek n bau bgt.. sering nangis g karuan.. dan seminggu ini kurang mau minum susu..dan 2 hr ini sering julurkan lidah g menentu. gimana atasinya??? Apa sakitnya ya??? Tlg ksh saran apa yg hrs saya lakukan?

    • dok…yg mau sy tanyakan cara mengatasi gangguan pencernaan pada bayi…intesitas bab 1X dlm sehari..babnya encer….gmn menanganinya dok….

    • jika anak sy masih lg sembelit slepas smnggu, gmana cara lg nk hilangkan sembelit padanya ya dok? anak sy umurnya 3 tahun. udah pantas makan apa saja. namun bila mau buang air besar, keliatannya sakit gtu. kadang dia menangis. sy slalu berikannyajus buah namun tiada apa kesan. fesesnya masih keras2 gtu lg

      • coba berinya susu formula. berinya susu yang punya prebiotik karna prebiotik bisa lembutkan feses dan bantu anak-anak buang air besar dengan elok dan sempurna

      • ya, prebiotik penting banget untuk sistem usus anak-anak. kam coba mamil karna mamil punya kandungan prebiotik yang dikombinasi dengan baik. jadi ia bisa bantu sistem usus dan pencernaan anak-anak. lagi mamil juga punya DHA yang tinggi, elok untuk anak-anak membesar

        • kamu yakin akan mamil ya? kamu pernah berinya sama anak kamu?

          • ya, aku pernah beri mamil pada anakku. selepas seminggu, sembelitnya hilang. bukan hanya aku, rame juga para ibu di kantor juga bilang mamil pantas hilangkan sembelit pada anak-anak.

          • kalo tak yakin sama mamil, bisa pilih yang lainnya sih. banyak lg susu yg ujud. bisa beri anakmu friso gold, enfagrow atau apa saja. tp yang penting, liat dulu kandungannya. bagus utk apa.

          • karna itu aku yakin sama mamil. udah ku lihat kandungan sebelum berinya pada anakku. kesannya juga bisa diliat selepas 7-8 hari. karna itu aku percaya mamil amat bagus sekali untuk hilangkan sembelit pada anak2.

    • Dok anak saya umur 16 bln sakit gembung di perutnya .sudah berobat kemana masih tetap gembung kenapa ya dok

    • Dok anak saya umur nya 5 bulan,sudah dikasih makan sun,tapi udah seminggu kok belum BAB

    • dok, anak saya 6 bln, sekarang 4 hari blm bab sering kolik, kentut keras, cegukan, gumoh, berat badannya sekarang cuman 4,5 kg apa obatnya dok..mksih….

    • dok ank saya umur 1 bulan lebih seminggu.
      udah 2 hari ini susah BAB.
      apakah normal dok.
      to dya tidak rewel

Tulis Komentar di "Mengatasi Gangguan Pencernaan Pada Bayi, Sembelit, Cegukan, Kembung"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!