Kami Buka jam 08.00 s/d jam 23.00
telponHotline : 021-71022587smsSMS Center : 08.15.15.15.15.82bbBB Messenger : 2667B757emailhasanhunaifi[at]yahoo.com
Home » Blog » Gejala Diabetes atau Kencing Manis

Gejala Diabetes atau Kencing Manis

Ditulis pada : August 13th, 2012 | 0 Kommentar ↓
0 Flares Filament.io 0 Flares ×

diabetes, gejala diabetes, kencing manisDiabetes kerap disebut sebagai kencing manis oleh masyarakat kita. Penyakit ini memang disebabkan oleh kadar gula darah yang meningkat dan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Gejala umum penderita diabetes adalah lemas, sering buang air kecil, dan sering merasa haus serta lapar. Gejala-gejala itu timbul karena kadar gula dalam darah yang memiliki level yang tinggi menyebabkan pankreas kesulitan menghasilkan insulin yang dibutuhkan tubuh. Insulin adalah hormon yang berperan penting dalam merubah karbohidrat, proterin, dan lemak menjadi energi.

Akibat tubuh tidak menmproduksi insulin, ginjal juga terpaksa memproduksi cairan yang berlebih untuk membuat encer kadar glukosa sehingga penderita diabetes harus buang air kecil, terutama pada malam hari. Akibat sering membuang air seni, penderita akan mudah merasakan haus dan lapar, tapi nutrisi dari makanan sulit diserap tubuh. Akibat akhirnya berat badan si penderita akan turun dan lemah berkepanjangan. Jika dibiarkan terus menerus tubuh tentu akan kewalahan dan kondisi penderita akan semakin memburuk. Diabetes yang tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan pengerasan pembulu darah arteri serta memicu komplikasi penyakit lain seperti gagal ginjal, jantung koroner, dan stroke. Karena itu sangat penting untuk mengenali gejala diabetes sejak dini dan mengobatinya segera.

Seperti yang kami tulis di atas, gejala awal diabetes adalah kenaikan kadar gula dalam darah yang memiliki level yang tinggi. Jika diperiksa secara medis, kadar gula darah yang meningkat tersebuy bisa berkisar di nilai tertentu. Pemeriksaan medis juga bisa menunjukkan bahwa penderita menghasilkan urin yang memiliki kadar gula yang tinggi sehingga bisa dikerubuti semut. Air seni yang dihasilkan pun lebih banyak dari biasanya. Keadaan ini disebut Polyuria. Frekuensi buang air kecilnya juga meningkat, atau disebut dengan istilah Glycosuria. Penderita diabetes juga bisa merasakan kesemutan pada ujung syaraf telapak tangan dan kaki dan tiba-tiba jadi rabun. Kemudian, jika penderita mengalami luka tergores akan lambat sekali penyembuhannya bahkan bisa menjadi koreng. Kulit penderita diabetes juga mudah terkena iritasi. Pria penderita diabetes bahkan dikatakan bisa menderita impotensi, sedangkan wanita bisa mengalami infeksi saluran reproduksi. Hal ini karena menurunnya imunitas dan rusaknya jaringan dalam tubuh si penderita diabetes.

Gejala diabetes bisa dicegah dan diobati. Untuk pencegahan, aturlah pola makan dan pola hidup sebaik mungkin. Hindari makanan yang mengandung gula dan garam terlalu tinggi. Rajinlah berolahraga dan memeriksakan kadar gula darah secara rutin. Sedangkan untuk pengobatan, ada dua jenis pengobatan diabetes yang bisa kita pilih. Yaitu pengobatan medis dan alami. Pengobatan medis biasanya menggunakan terapi dan obat-obat kimia, sedangkan pengobatan alami umumnya menggunakan obat herbal dan perbaikan pola hidup. Anda bisa memilih pengobatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Namun yang pasti, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

0 Flares Twitter 0 Facebook 0 Google+ 0 Reddit 0 StumbleUpon 0 LinkedIn 0 Filament.io 0 Flares ×


Tulis Komentar di "Gejala Diabetes atau Kencing Manis"
Nama ↓
Email ↓
Tuliskan Apa yang Ingin Ditanyakan ↓
Silahkan anda tanyakan yang belum anda mengerti, atau yang belum jelas mengenai produk kami diform komentar ini! Komentar spam atau yang tidak relevan akan dihapus!